Safari Kerja Forkom ke Jawa Tengah dan Jawa Timur

Jepara –  Tanggal 20 hinggal 24 Juni 2023, perwakilan Forum Komunikasi Rajungan Nusantara (FORKOM) melakukan ‘roadshow’ ke Pati, Rembang, Lamongan dan Jepara, dalam rangka penguatan simpul daerah dan diskusi perikanan rajungan yang berkelanjutan dengan anggota FORKOM di tempat-tempat tersebut.  Pada kesempatan ini juga, perwakilan FORKOM akan mengidentifikasi siapa di antara anggota yang memiliki atau belum memiliki kartu KUSUKA, dan menyetujui langkah selanjutnya untuk mendapatkan kartu tersebut.  ‘Roadshow’ tahap selanjutnya juga dilaksanakan di Maros dan Pangkep, Sulawesi Selatan.

Safari Kerja di Kabupaten Pati

Pada tanggal  20 Juni 2023, Forkom telah melaksanakan Safari Kerja di Desa Keboromo, Kecamatan  Tayu, kabupaten  Pati. Pada kesempatan tersebut,  Pak Mustain (Ketua Umum) dan Hari Mulyono (Koordinator Simpul Jepara) mewakili Forkom untuk berbagi cerita tentang Forkom dan aktivitas kerjanya. Dalam kesempatan tersebut dilakukan diskusi antara pengurus Forkom dengan nelayan rajungan di Pati, serta pemutaran video praktik terbaik untuk menghindari rajungan kecil tertangkap dan penanganan rajungan bertelur yang tertangkap.

Para nelayan di Pati juga antusias untuk dapat bergabung dengan Forkom dan membentuk simpul Forkom tingkat Kabupaten di Pati. Forkom kemudian melakukan pendataan pelaku perikanan yang berminat bergabung dengan Forkom, sekaligus mengidentifikasi anggota mana yang memiliki atau tidak memiliki kartu KUSUKA, serta menyepakati langkah selanjutnya untuk mendapatkan kartu tersebut.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari DKP Provinsi Jawa Tengah, DKP Kabupaten Pati, serta Penyuluh Perikanan setempat.

Safari Kerja di Kabupaten Lamongan

Bertempat di Gedung Pertemuan PPN Brondong, Forkom telah melaksanakan Safari Kerja di Kecamatan Brondong, kabupaten Lamongan pada tanggal 21 Juni 2023. Pada kesempatan tersebut, Mustain dan Hari Mulyono mewakili Forkom untuk berbagi cerita tentang Forkom dan aktivitas kerjanya.
Dalam kesempatan tersebut dilakukan diskusi antara pengurus Forkom dengan nelayan rajungan di Pati, serta pemutaran video praktik terbaik untuk menghindari rajungan kecil tertangkap dan penanganan rajungan bertelur yang tertangkap.
Dalam acara tersebut, Mustain selaku ketua Forkom juga mengukuhkan jajaran pengurus Forkom Simpul Kabupaten Lamongan dengan ketua terpilihnya adalah Muchlisin Amar.
Acara ini juga dihadiri oleh Kepala PPN Brondong, Kepala Bappeda Lamongan, Sekretaris DKP Kabupaten Lamongan serta Penyuluh Perikanan setempat.

Safari Kerja di Kabupaten Rembang

Safari Kerja Forkom berlanjut di Kabupaten Rembang pada tanggal 23 Juni 2023 melalui pertemuan dengan teman-teman nelayan rajungan di Wisata Pantai Indah Layur, Dusun Layur, Desa Gedongmulyo, Kab. Rembang.

Pak Mustain selaku Ketua Forkom dan didampingi Hari Mulyono dari pengurus Forkom Simpul Jepara berbagi cerita tentang Forkom dan aktivitas kerjanya, serta pemutaran video praktik terbaik untuk menghindari rajungan kecil tertangkap dan penanganan rajungan bertelur yang tertangkap.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan pengukuhan pengurus Forkom Simpul Kabupaten Rembang dengan ketua terpilihnya adalah Eko Santoso.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan DKP Provinsi Jawa Tengah, Kepala Desa Gedongmulyo, dan Penyuluh Perikanan setempat.

Safari Kerja Forkom ke Jawa Tengah dan Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas